37 Bambu Nusantara Tergolong Langka

Sebanyak 1.250 jenis bambu tersebar di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 159 di antaranya terdapat di Indonesia dan 88 merupakan spesies bambu endemik nusantara.

Jatmika, pemimpin Yayasan Bambu Indonesia, mengungkapkan, "37 jenis bambu di Jawa Barat kini sangat langka. Sudah sulit untuk ditemukan. Padahal dulu tersebar luas."

Ia mengungkapkannya Kamis (13/1/11) dalam acara penandatanganan nota kesepahaman program konservasi bambu oleh Yayasan KEHATI dan Alstom Indonesia, didukung oleh Yayasan Bambu Indonesia.

"Salah satunya adalah bambu eul-eul. Orang Sunda percaya, bambu ini bisa mengobati 41 macam penyakit. Bahan obatnya bisa meresap hingga saraf dan sumsum tulang," kata Jatmika.

Jenis bambu lain yang sudah tergolong langka adalah bambu tutul. Diameter bambu ini lebih kurang 9 cm. Uniknya, bambu ini memiliki warna kuning emas dan tutul (bercak) hitam.

"Tutulnya itu kan membuat bambu tutul itu punya nilai estetik. Jadi bisa dipakai untuk bahan baku furnitur. Rantingnya saja bisa dimanfaatkan sebenarnya," kata Jatmika.

Sementara itu, bambu galuh, betung wulung, bambu tamiang, dan haur gereng adalah jenis-jenis lain yang tergolong langka. Dua jenis terakhir dikatakan Jatmika punya khasiat obat.

Jatmika mengatakan, penyebab kelangkaan ialah konversi lahan menjadi permukiman penduduk. Selain itu, juga adanya anggapan bahwa bambu adalah tanaman liar yang bebas dieksploitasi.

Upaya konservasi bambu mesti dilakukan. Menurut Jatmika, konservasi bambu tidak hanya akan memberi manfaat ekologis, tetapi juga ekonomis.

Yayasan Bambu Indonesia secara aktif telah melestarikan dan mengembangkan manfaat bambu. Ragam jenis bambu dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan hingga komponen utama rumah.

Sumber:Kompas.com
READ MORE - 37 Bambu Nusantara Tergolong Langka

Ayam Antiflu Burung Dikembangkan

Ilmuwan dari Universitas Cambridge dan Edinburg berhasil "menciptakan" ayam jenis baru. Ayam tersebut bisa terinfeksi flu burung, tetapi tidak bisa menyebarkannya ke ayam lain ataupun manusia.Lawrence Tiley, ilmuwan dari Departemen Kedokteran Hewan Universitas Cambridge, yang terlibat dalam eksperimen itu mengatakan, ayam tersebut dibuat lewat proses modifikasi genetik.
Dalam proses itu, gen baru yang bisa memproduksi senyawa imitasi dari senyawa yang diproduksi virus flu burung disisipkan. Senyawa tersebut bisa menghambat proses replikasi sehingga mencegah penyebaran.
Eksperimen yang dilakukan oleh ilmuwan membuktikan, ayam yang telah dimodifikasi gennya terbukti mencegah penyebaran virus. Mereka tak mampu menyebarkan virus ke burung lain, baik yang dimodifikasi gennya maupun tidak.
Meski demikian, Tiley mengatakan bahwa eksperimen ini masih dalam tahap awal. Selain itu, ia juga memperingatkan bahwa seluruh ayam yang dimodifikasi gennya tidak dibuat untuk dikonsumsi.
"Pengembangan ini adalah langkah awal untuk mengembangkan ayam yang benar-benar resisten terhadap virus flu burung. Ayam ini juga dibuat hanya untuk tujuan riset, bukan konsumsi," kata Tiley, Kamis (13/1/2011).
Kasus flu burung mulai dijumpai pada tahun 1997 di Hongkong. Sementara, pada tahun 2003, kasus tersebar luas ke Asia, Timur Tengah, dan beberapa wilayah Eropa, mengakibatkan kematian pada burung dan manusia.
Tiley mengungkapkan, "Ayam adalah inang potensial tempat virus strain baru berkembang dan menginfeksi burung dan manusia. Mencegah penyebaran virus pada ayam bisa mengurangi dampak ekonomi dan risiko orang terinfeksi dari burung."

Sumber:AFP
READ MORE - Ayam Antiflu Burung Dikembangkan

Di dasar laut banyak sumber deposit emas

Indonesia menyimpan kekayaan yang melimpah di mana-mana. Tidak hanya di darat, tetapi di dasar laut juga diperkirakan banyak sumber deposit emas yang masih tak terjamah."Perairan Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa ada emasnya. Masih banyak yang belum terdeteksi lagi," kata Fadel Muhammad, Menteri Kelautan dan Perikanan, seusai diskusi kerja sama kelautan Indonesia dan Amerika Serikat di Jakarta, Jumat (7/1/2011).
Ia mengatakan, potensi ekonomi laut seperti itu tidak akan bisa terungkap tanpa penelitian. Karena itu, pihaknya membuka peluang kerja sama lebih luas kepada negara maju seperti AS untuk melakukan ekspedisi bersama mengungkap kekayaan laut Indonesia.
"Apa artinya kekayaan laut yang melimpah kalau tidak di-explore. Selama ini misalnya kita belum sanggup melakukan penelitian hingga dasar laut sedalam 6.000 meter. Sekarang ada. Potensi bawah laut di semua daerah akan bisa kita ketahui," kata Fadel.
Ia mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan kebijakan soal eksplorasi bawah laut. Pihaknya juga mengalokasikan dana Rp 100 miliar untuk penelitian dasar laut. Ia berjanji bahwa pemberdayaan ekonomi kelautan kelak dapat dilakukan tanpa merusak lingkungan.
Kerja sama riset kelautan antara Indonesia dan AS telah dimulai dengan ekspedisi di perairan Sangihe Talaud yang telah dilakukan pada Juni-Agustus 2010 lalu. AS mendatangkan kapal Okeanos milik NOAA yang dilengkapi robot bawah air untuk mengamati hingga kedalaman 6.000 meter. Pada tahun ini ekspedisi direncanakan ke perairan Halmahera.

Sumber.Kompas.com
READ MORE - Di dasar laut banyak sumber deposit emas

Mesin bensin vs mesin diesel,mana yang harus anda pilih?


Apa keunggunaln mesin Diesel dibandingkan mesin bensin? Apa keunggulan mesin bensin dibanding Diesel? Mana yang harus dipilih?
Baik mesin bensin maupun diesel memiliki karakter yang menonjol sehingga perbandingan keduanya cukup mencolok. Yang pasti penjualan mobil di Indonesia untuk mobil bermesin bensin jauh mengungguli mobil bermesin diesel dengan perbedaan yang sangat mencolok meskipun di luar negeri perbedaannya tidak sedemikian besar. (segmen kendaraan pribadi)

Berikut ini perbandingan kedua teknologi mensin tersebut, point-by-point:
  1. Getaran (Kenyamanan pengendara & penumpang)
    Mesin bensin lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin). Namun secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. Pabrikan mobil mewah seperti BMW sekalipun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel.
    ====> Winner : BENSIN
  2. Performa
    Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar dibandingkan mesin Diesel. Namun mesin Diesel memiliki torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah. Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin akan merasakan kelincahan mobilnya. Sedangkan bagi pengendara mobil Diesel akan merasakan manfaatnya ketika harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim.
    Kalau anda pernah bertanya "Kenapa tidak pernah ada truk bermesin bensin?" Kini pertanyaan anda sudah terjawab.
    ====> Winner : SEIMBANG. Masing-masing ada kelebihannya.
  3. Durability (Ketahanan/keawetan)
    Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel.
    ====> Winner : DIESEL
  4. Efisiensi
    Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin diesel dengan kapasitas yang sama. Belum lagi bila dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar. Langkah Toyota Indonesia mengeluarkan Kijang Innova versi Diesel (walaupun sedikit lebih mahal) menjadi indikasi strong point teknologi mesin Diesel yang tidak dimiliki mesin Bensin.
    ====> Winner : DIESEL
  5. Ramah Lingkungan
    Mesin bensin jelas lebih unggul namun kehadiran bio solar mulai mengecilkan perbedaan ini. Tetapi tetap saja mesin bensin lebih unggul terutama dengan adanya Catalytic Converter.
    ====> Winner : BENSIN
Kesimpulan
Mesin diesel dan mesin bensin memiliki karakter berbeda. Bensin lebih diperuntukan di dalam kota dimana medan sudah tertata rapih dan "nyaman" sedangkan Diesel terlahir untuk bekerja berat dan kurang nyaman. Namun mesin Diesel perlahan tapi pasti mulai memakan porsi keunggulan mesin bensin pada beberapa poin diatas.
Kelahiran line-up mesin Diesel dalam keluarga beberapa merk mobil yang dulunya hanya "perduli" pada mesin bensin menjadi bukti tak terpungkiri bahwa sudah saatnya teknologi mesin Diesel unjuk gigi. Bukan omong kosong... tahta "Rajanya Diesel" mulai diperebutkan... padahal dulu Toyota pun "tidak terlalu perduli" pada si macan hitam.


Sumber:Situsotomotif.com
READ MORE - Mesin bensin vs mesin diesel,mana yang harus anda pilih?

Tips supaya tidak dirugikan beli bahan bakar


Sering terdengar ucapan "pom bensin di lokasi A ukurannya kurang akurat. Saya isi disana dapatnya lebih sedikit dibanding di lokasi B padahal jumlah angka liternya sama". Nah jangan main tuduh sembarangan dulu. Meskipun integritas memang masih menjadi tanda tanya tapi bisa jadi penyebabnya adalah faktor diri Anda. Kok bisa? Mungkin saja anda salah mengukur, toh ukuran yang anda gunakan hanya perkiraan saja. Tetapi ada juga faktor teknis yang bisa anda kendalikan.
Berikut ini tips dan penjabaran agar anda mendapatkan bahan bakar yang selayaknya:
  1. Isi bensin/solar pada pagi hari
    SPBU menampung bahan bakar (bensin/solar) di dalam tanah. Nah pada saat pagi hari suhu tanah masih dingin sehingga bahan bakar belum memuai. Bila diisi pada siang hari (kondisi tanah sudah panas) maka volume yang diisikan ke mobil anda adalah volume setelah memuai, dan tentunya akan kembali ke volume semula saat temperatur kembali normal. Otomatis volume asal lebih kecil/sedikit daripada volume pemuaian.
  2. Isi saat bensin masih setidaknya setengah tangki untuk mengurangi dampak penguapan.
    Semakin besar ruang udara dalam tangki bensin berarti semakin besar juga ruang untuk evaporasi bahan bakar dalam tangki anda. Sebisa mungkin diisi kembali sebelum bahan bakar anda kurang dari setengah.
  3. Hindari bensin kotor yang disebabkan pergolakan.
    Jangan mengisi bensin saat tangki besar pom tersebut sedang diisi oleh truk pengisi, karena persediaan bahan bakar di dalam tanah otomatis bergolak dan kotoran dapat terbawa naik kedalam tangki mobil anda. Akibatnya bensin bisa terkontaminasi kotoran yang merugikan sistem pada mobil anda.


Sumber:situsotomotif.com
READ MORE - Tips supaya tidak dirugikan beli bahan bakar

Sepeda Canggih Berteknologi F1

Sepeda ini disebut-sebut tercanggih di dunia, menggunakan teknologi seperti yang digunakan pada jet darat Formula One, dirancang pula oleh insinyur (engineer) Formula One.

Sepeda jalanan (road bike) berangka serat karbon ini diberi nama Factor 001. Di dalamnya ada teknologi:
1. Accelorometer yang mengukur derajat kemiringan kiri/kanan, sudut dan
tingkat tanjakan dan data lainnya termasuk kecepatan roda belakang,
torsi rata-rata, minimal, maksimal tiap kayuhan.

2. Pengukur data biometrik yang mengukur detak jantung, pernapasan, suhu kulit dan suhu tubuh inti.

3. Layar LCD sentuh yang menampilkan semua data di atas.

4. Rem cakram dari keramik (meminimalisir panas).

5. Rangka tanpa sambungan yang dibuat khusus sesuai ukuran pengguna.



Sumber:Kaskus.us
READ MORE - Sepeda Canggih Berteknologi F1

Duet 'netbook' Toshiba di Awal Tahun

Toshiba memperkenalkan dua netbook terbarunya, NB520 dan NB550. Keduanya bakal tersedia mulai kuartal I 2011 di seluruh Asia Tenggara.

Seri NB520 merupakan netbook pertama di dunia yang dilengkapi sound system kelas premium Harman Kardon. Sementara NB505 adalah model yang hadir lebih minimalis tanpa speaker Harman Kardon.

"Jika di Indonesia, Toshiba menyebutnya cabe rawit. Kecil tapi memiliki kualitas maksimal," papar Paige Shi, specialist product marketing group computer system Toshiba Singapore, saat acara peluncuran bertempat di Four Season, Kamis (13/1/2011).

Toshiba NB520 memiliki suara bass yang mendentum layaknya versi laptop multimedia Qosmio. Netbook tersebut juga dilengkapi Dolby Advanced Audio yang menyediakan kualitas suara natural saat mendengarkan musik.

Disertai fitur Sleep and Music, NB520 memungkinakan pengguna tetap menikmati musik walau netbook dalam keadaan mati. Mereka hanya perlu mencolokan MP3 player ke jack audio NB520.

Dengan segala fitur audio di atas, mahalkan harga kedua 'cabe rawit' Toshiba itu? Paige Shi menyebutkan harganya dimulai USD 409 (sekitar Rp 3,6 Jutaan) hingga USD 469 (sekitar Rp 4,1 Jutaan). Silakan disimpulkan sendiri, apakah memang semahal harga cabe saat ini.


Sumber:detiknet.com
READ MORE - Duet 'netbook' Toshiba di Awal Tahun

Nokia E6, siap tandingi BlackBerry

Perhelatan Mobile World Conggress (MWC) 2011 yang akan berlangsung bulan depan di Barcelona, jadi salah satu tolak ukur perkembangan industri ponsel dunia. Para vendor ternama pun diprediksi merilis berbagai ponsel jagoannya, tak terkecuali Nokia. 

Vendor asal Finlandia yang masih jadi produsen ponsel nomor satu di dunia ini dilaporkan bakal mengungkap Nokia E6-00, ponsel bisnis terbarunya. Dengan mengusung keyboard qwerty, tampaknya handset ini bakal jadi amunisi baru Nokia dalam melawan BlackBerry yang masih dominan di segmen korporat.

Dilansir UnwiredView , Kamis (13/1/2011), bocoran spesifikasi lain dari E6 meliputi kamera 8 megapixel dengan dual LED flash. Sistem operasi yang diusung adalah Symbian^3. 

Konon, Nokia E6 juga akan memiliki layar VGA dengan resolusi mencapai 640 x 480 pixel. Kemudian disertakan pula fasilitas 3G HSDPA, Wi Fi, speaker stereo dan prosesor ARM. Sayangnya, belum dijumpai bocoran foto handset tersebut.

Seri E memang khusus ditujukan Nokia untuk kalangan pebisnis, dengan fitur-fitur yang mendukung urusan kantoran. Patut ditunggu seperti apa sebenarnya kemampuan E6 nantinya kala benar-benar diluncurkan oleh Nokia. 



READ MORE - Nokia E6, siap tandingi BlackBerry

Rahasia di Balik “Jelek” nya Tulisan Resep Seorang Dokter

Resep dapat diartikan sebagai permintaan tertulis dari seorang dokter maupun dokter hewan terhadap sejumlah obat atau alat kesehatan kepada seorang apoteker di apotek. Lalu bagaimana kita, sebagai orang awam dapat membacanya? Mari kita lihat contoh resep dokter dibawah ini :

keterangan gambar :

1. Sebuah resep yang lengkap diantaranya harus mencantumkan nama dokter dan alamat prakteknya, seperti terlihat dibagian atas resep ini.

2. Harus menyertakan tanda r/ di resepnya. Tanda r/ ini singkatan dari bahasa latin yakni recipe artinya ambilah.

3. Di bagian r/ yang pertama terlihat ada beberapa obat dalam satu r/. Sudah bisa ditebak, bahwa obat ini akan diracik. Obat yang terdapat didalam r/ yang pertama terdiri dari : Ctm, efedrin, aminophyline, laktas calsium, glyceril guaicolate. Jumlah miligram (mg) atau tablet (tab) disamping obat, adalah jumlah obat yang dibutuhkan.

4. Masih diresep r/ pertama, ada perintah cara pembuatan dengan kata-kata seperti ini : ” m.f. Pulv. Dtd no. Xc da in caps”. Ini adalah singkatan dalam bahasa latin yakni “misce fac pulvis da tales dosis numero xc, da in capsule”.
M.f = misce fac = buatlah
pulv = pulvis = serbuk
dtd = da tales dosis = sesuai dosis
no. Xc = nomero xc = banyaknya 90
da in caps = da in capsule = buat dalam bentuk kapsul

5. Masih di r/ yang pertama. Tertulis “s. 3 dd caps i”. Ini dapat diartikan : Signa tre de die capsule uno. Artinya : Tandailah 3 kali sehari satu kapsul.

6. Beralih di r/ yang kedua. Tertulis “salbutamol 2mg tab no vl”. Artinya : Obat salbutamol 2mg berbentuk tablet sebanyak 45 tablet. Setelah itu tertulis juga : “s. 3 dd ½”, artinya “pakailah salbutamol 2mg itu, 3 kali sehari 1/2 tablet sekali minumnya”

7. Beralih ke r/ yang ke tiga. Tertulis “interhistin tab no xxx”. Sama dengan r/ yang kedua, obat interhistin diminta sejumlah 30 tablet. Dan dibawahnya tertulis aturan pakainya : “s. 2 dd 1″, artinya minumlah 2 kali sehari masing-masing 1 tablet.

8. Masuk ke r/ ke empat. Disana tertulis “obh syr fl. I”. Bahasa latinnya : “obh sirup flesh uno”. Artinya : “obh sirup sebanyak 1 botol. Dibawahnya tertulis aturan pakai nya “s. 3 dd c i”. Bahasa latinnya : “signa thre de die cochlear uno”. Artinya : “minum obh sirup 3 kali sehari satu sendok makan”.

9. Setelah pembahasan semua jumlah obat, tidak kalah pentingnya, bahwa nama pasien, umur dan alamat. Jangan terima jika resep bila nama pasien anda tidak jelas atau lengkap (bagi petugas apotek).

10. No. Rm = nomer rekam medik. Artinya pasien tn sodikin sedang menjalani rawat inap di rsal mintohardjo.

Sumber:kaskus.us
READ MORE - Rahasia di Balik “Jelek” nya Tulisan Resep Seorang Dokter

Tenaga Honda CBR150R Galak Di atas 7.000 RPM


Honda CBR 150R tidak dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia. Tapi, bagi yang kepincut bisa mendapatkannya di importir umum (IU) seperti Pro Bike. Nah, Motor Plus telah menjajalnya dan inilah hasilnya.
Tampilan New CBR 150R ini perpaduan CBR1000RR yang menonjol pada fairing dengan VFR1200F yang tampak pada cover depan. Bahkan secara keseluruhan, bentuknya sangat dekat dengan CBR250R, hanya dimensi lebih kecil.
kendati modelnya sport, posisi berkendara agak berubah. Dimensinya sedikit lebih lebar dari CBR 150 lama. Kemudian, spidometer gampang dibaca karena indikatornya perpaduan digital (penunjuk kecepatan) dan analog (takometer). Trus, posisi tangki bahan bakar yang memuat 13 liter, agak lebih tinggi.
Ubahan lain, sistem suplai bahan bakar bukan pakai karburator vakum dan sudah injeksi dengan sistem pramable fuel injection atau di Honda beken disebut PGM-FI. Dengnan diameter piston 63,5 mm dan langkah 47,2 mm, New CBR 150R ini punya perbandingan kompresi 11:1. Cukup tinggi, tapi di tangki tertulis bisa diisi bensin beroktan 91.
Karena sudah memakai teknologi PGM-FI, power terasa sangat berbeda. Maksudnya, tenaga terasa lebih menyentak. Gigi I saja mencapai 47 km per jam saat jarum putaran mesin berada pada 11.500 rpm. Untuk gigi II berada di kecepatan 76 km per jam.
Saat bermanuver, handling CBR 150R terasa lebih mantap. Sebab, kedua roda mengaplikasi ban lebar, yakni 100/80-17 (depan) dan 130/70-17 (belakang). Soal harga, bisa tanya langsung ke Pro Bike di (021) 5303249.

Sumber:kompas.com
READ MORE - Tenaga Honda CBR150R Galak Di atas 7.000 RPM

Wow, Aspal Bisa Menghasilkan Tenaga Listrik!


Aspal bukan hanya buat jalan untuk kendaraan bermotor agar meluncur dengan mulus dan cepat. Ia juga digagas untuk mengumpulkan energi matahari atau surya. Energi itu selanjutnya diubah menjadi energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
Ide itu muncul karena aspal sering diterpa sinar matahari. Buktinya, kendati sudah malam, aspal masih tetap hangat. Keinginan memanfaatkan aspal untuk mengumpulkan energi makin besar karena ia ada di berbagai tempat!
Riset memanfaatkan aspal untuk mengumpulkan energi matahari pernah dicoba oleh Worcester Polytechnic Institute (WPI) di Worcester, Massachusetts, pada 2006.

Caranya, seperti yang dipaparkan oleh David A Todd, insinyur senior dan pelatih di CEI Engineering Associates, Inc, dalam buildipedia.com, energi panas dikumpulkan melalui panel surya yang ditaruh di bawah lapisan aspal. Selanjutnya, energi panas diubah menjadi listrik. Dijelaskan pula, titik optimal panas berada sekitar dua inci di bawah permukaan aspal.
Tidak mudah
Kendati ide tersebut dinilai jenius dan tampak sederhana, pewujudannya tidaklah mudah. Pertanyaan yang muncul, bagaimana proses perawatan, misalnya, jika kita ingin mengganti panel surya? Kalau aspal sering dibongkar, kondisi itu dipastikan mengganggu kelancaran lalu lintas.

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Gregory W Perry, PE, Senior Project Engineer for Flower Mound, Texas, ketika WPI mengumumkan pengembangan ide tersebut pertama kali di simposium tahunan International Society for Asphalt Pavements di Zurich, Swiss.
Gregory malah kemudian melontarkan ide dan solusi. Menurutnya, sebaiknya pengumpulan energi ini dilakukan di tempat-tempat beraspal yang jarang digunakan. Misalnya, area yang jarang dipijakdi pinggir landasan bandara, pusat perbelanjaan atau mal, dan trotoar.
“Tempat parkir juga bisa dimanfaatkan untuk hal ini. Aspalnya rusak karena panas ban dan mesin mobil plus matahari. Sayang, energi tersebut terbuang begitu saja,” ungkap Perry. Dia juga menjelaskan, jalan yang tidak bisa dimanfaatkan adalah tol dan jalanan di dalam kota yang padat.

Tiga lapis

Ide lebih ekstrem dilontarkan oleh Solar Roadways, sebuah perusahaan kecil di Sagle, Idaho. Pemiliknya, Scott dan Julie Burshaw, mengklaim sudah membuat protitipe pemanfaatan panas di jalan raya.
Jalan raya versi Solar Roadways ini terdiri dari tiga lapis. Lapisan atas atau pertama, dinamai Roadway Surface Layer dengan permukaan tembus pandang (semacam plastik atau gelas) yang keras, padat, dan berkontur. Dengan demikian, sinar matahari bisa menembus ke bagian lapisan yang mengumpulkan energi panas.
Lapisan kedua, pengontrol panas yang diperoleh sekaligus memantau kualitas panel dan perangkat (memberi tahu bahwa sejumlah komponen sudah harus diganti). Sementara itu, lapisan ketiga atau dasar (paling bawah) adalah panel surya lengkap dengan mekanisme untuk meneruskan energi kepada pengguna.
Lebih mantap lagi, lapisan pertama dipasangi pula dengan LED sebagai marka atau pesan buat pemakai jalan. Tulisan "maju" atau "stop" bisa tertera di situ.
Lapisan pertama ini pun terdiri dari beberapa komponen teknologi tinggi yang dapat mengukur kepekaan jalan terhadap beban sekaligus mengontrol energi yang diperoleh. Ide hebat!

Sumber:kompas.com
READ MORE - Wow, Aspal Bisa Menghasilkan Tenaga Listrik!

14 Tanda Audio Mobil Bermasalah

Sistem audio mobil yang di dalamnya terdapat komponen elektronika dan instalasi pasti mengalami proses penurunan kualitas. Bahkan, bukan tidak mungkin terjadi kerusakan pada bagian itu akibat cara pakai yang kurang tepat sampai kelemahan pada produknya sendiri.
Ada 14 tanda yang bisa dikatakan masalah pada sistem audio, seperti disampaikan Andreas Tjahjadi (instalatur Audio Plus di Jakarta Barat), Erwin (instalatur Radius Mobile Works), dan Hongyono Chandra (instalatur audio Prisma di Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan).
1. Tegangan aki drop karena kapasitas air aki berkurang. Masalah itu bisa juga terjadi karena terminal pengisian (ground) longgar atau pengisiannya kurang. Akibatnya, suplai listrik terganggu.
2. Terminal/kepala aki berkerak menyebabkan kurangnya tegangan dan bisa bikin sistem terganggu. Selain itu, sekring utama (main fuse) meleleh karena pengaruh panas kompartemen mesin akibat bagian pelindung yang juga meleleh.
3. Kerusakan pada pemutar CD. Hal ini ditandai dengan proses membaca CD yang agak lama, bahkan cenderung diam (atau skip) sebelum masuk ke track lagu. Masalah tersebut dipicu pemakaian CD yang ketebalannya tidak sesuai standar.
4. Tombol volume. Head unit kadang berfungsi, kadang tidak. Jika demikian, maka hal itu ditengarai oleh adanya kabel fleksibel yang putus di dalam.
5. Kabel ground RCA putus di bagian dalam head unit. Ini membuat gejala storing (noise) muncul dari speaker.
6. Bunyi sember (kresek-kresek) di speaker. Ada kotoran masuk di antara voice coil dan magnet.
7. Suara pincang. Suara lebih berat ke salah satu sisi karena salah satu speaker midrange atautweeter mati. Penyebabnya, solderan pada konektor speaker terlepas.
8. Speaker berasap. Ada hubungan pendek arus listrik antara kabel speaker (karena sambungan berkarat) ke ground sehingga voice coil panas. Seperti kita ketahui, bila terjadi korsleting padaspeaker, kondisi ini akan memengaruhi kinerja power, bahkan menyebabkan malafungsi power amplifier jika tidak dilengkapi short circuit protection.
9. Kerusakan tweeterDalam hal ini, nada high lama-kelamaan menjadi clip (sember). Masalah tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca akibat perangkat sering tersorot sinar matahari. Kondisi tersebut dapat membuat diafragma tweeter menjadi getas.
10. Subwoofer mati total karena voice coil terbakar akibat overpower.
11. Distorsi. Hal ini biasanya muncul pada subwoofer ketika berbarengan dengan bunyi bass. Soal satu ini muncul karena suspensi subwoofer sudah lemah atau ada kotoran di antara voice coil dan magnet.
12. Kerusakan pada potensiometer di power menyebabkan suara di speaker berat sebelah.
13. Timbul suara "jedug" saat sistem difungsikan atau dimatikan. Ini terjadi karena ada kerusakan pada komponen power.
14. Karena ada kerusakan pada power, bagian konus pada speaker "melotot" ketika sistem difungsikan. Artinya, yang keluar dari power adalah arus DC (seharusnya AC). Ini lantaran solderan pada papan PCB kendor atau bisa juga disebabkan kotoran yang menempel.

Sumber:kompas.com
READ MORE - 14 Tanda Audio Mobil Bermasalah

Mari Membersihkan Velg Mobil


Velg mobil berdesain jari-jari cukup indah dilihat dan cenderung tidak membosankan. Namun, sangat sulit saat membersihkannya lantaran mempunyai celah yang sulit dijangkau dengan jari tangan. Enggak usah pusing, ikuti langkah-langkah melenyapkan kotoran velg itu di bawah ini.
1. Jangan mencuci velg saat mobil baru digunakan. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung disiram air. Sebaiknya tunggu sampai dingin.
2. Pastikan ruang dalam fender bersih (dibersihkan dulu) agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg.
3. Setelah itu, baru giliran velg. Setelah disiram, gunakan sampo atau cairan khusus. Untuk yang berwana krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari risiko lapisan mengelupas.
4. Untuk sudut yang sulit dijangkau, gunakan kuas atau sikat gigi. Jika masih terdapat noda membandel, maka sebaiknya bahasi dulu velg dan diamkan beberapa saat, baru kemudian dibersihkan.
5. Jika terdapat "emas hitam" (aspal), maka noda ini biasanya tidak mempan jika dihilangkan hanya dengan sampo. Untuk itu, bisa pakai bensin atau minyak tanah. Selanjutnya, bersihkan velg dengan bantuan kompon agar bensin tidak meninggalkan noda.
6. Yakin sudah bersih? Keringkan velg dengan lap chamois.
Khusus untuk velg krom, jika ingin benda ini kinclong, maka ditaburilah bedak, kemudian digosok dengan lap bersih. Anda juga bisa menggunakan wax khusus warna krom.

Sumber:otomotif.kompas.com
READ MORE - Mari Membersihkan Velg Mobil

Uno, Sepeda Motor Transformer Pertama di Dunia!


Salah satu calon produk yang dinilai sangat inovatif dan mendapatkan liputan berbagai media besar di Amerika Serikat pada event CES yang berlangsung sekarang ini di Las Vegas adalah Uno dari BPG Motors. Dikatakan calon produk karena Uno baru direncanakan untuk diproduksi massal. Unit yang dipamerkan adalah prototipe yang dibuat oleh penemunya, anak muda bernama Benjamin P Gulak, yang memulai proyek dari garasi kakeknya.
Perhatian media yang sangat besar kepada Uno bagi sebagian orang agak aneh! Pasalnya, Uno adalah kendaraan, bukan gadget elektronik. Kendati demikian, sejatinya, UNO punya "nyawa listrik", sama dengan produk listrik dan elektronik lainnya. Jadi, wajar kalau mendapatkan perhatian!
Karena minat yang begitu tinggi, BPG Motors segera memutuskan untuk memproduksinya dengan harga jual mulai dari 4.000 sampai 7.000 dollar AS (Rp 37-Rp 63 juta).
Berubah wujud
Saat ini Uno sampai pada versi III. Versi II dan III dikembangkan setelah BPG Motors terbentuk. Perusahaan baru ini langsung mengklaim produknya sebagai transformer pertama dengan ujud sesungguhnya.
Untuk Uno II atau disebut juga U2, bisa berubah wujud dari motor 2-roda (disebut juga mode Uno) ke sepeda motor konvensional (mode sepeda motor). U2 hanya menggunakan 2-roda. Saat mode Uno, kedua roda yang digerakkan oleh motor listrik berada dalam posisi sejajar. Ketika dikebut atau kecepatan bertambah, salah satu roda bergerak ke depan membentuk sepeda motor.
Versi terkini adalah Uno II atau U3, yang menggunakan tiga roda. Roda depan yang berukuran lebih kecil bisa dilipat ke belakang. Roda ini pula yang maju atau bergerak ke depan sehingga bentuknya berubah menjadi seperti sepeda motor biasa.
"Targetnya untuk orang-orang yang tinggal di kota, seperti di Eropa dengan budaya sepeda motor dan skuter kuat," kata CEO BPG Motors, Brad Harkavy. "Kami fokus pada pembeli skuter, tetapi mencari kendaraan unik sekaligus mempresentasikan penampilan yang gaya."
Kontrol Giroskopik Uno menggunakan sistem kontrol giroskopik untuk menjaga keseimbangan, sedangkan pengendalian dan mengendarainya sama dengan sepeda motor biasa. Motor bekerja dengan dua tahap.
Saat melaju pelan, roda tetap paralel memberikan pengendara ruang yang kompak atau kecil dan memungkinkan manuver pada ruang yang sempit (tinggal diputar). Ketika dikebut, roda mulai melebar dan berubah menjadi sepeda motor biasa, yang membuat lebih lebih stabil dan aman untuk dikebut.
Dengan sebagian bentuk bodi seperti sepeda motor balap, kecepatan Uno dibatasi 56 km/jam. Sementara tenaga dari baterainya, untuk sekali isi bisa buat menempuh jarak 48 km.
U3 menggunakan teknologi roda miring (tilt) aktif saat bekerja pada mode Uno. Dengan ini cara, Uno tetap stabil membelok. Sistem miring bekerja secara mekanis untuk mengatur posisi vertikal roda ke kanan dan ke kiri. Sistem ini memungkinkan kendaraan membelok lebih halus dan mengakomodasi jalanan yang tidak rata.
Dikatakan, saat mengendarainya tidak hanya memberikan pengalaman baru yang yang unik, tetapi juga lebih interaktif. Paling sip, parkirnya lebih gampang!
Polusi China
Uno ditemukan oleh anak muda bernama Benjamin P Gulak ketika memulai proyek ilmiah di SMU. Dijelaskan, empat tahun lalu, ia melakukan perjalanan bisnis ke China bersama ayahnya. Di Beijing, Shanghai, dan Hongkong, Benjamin melihat polusi yang sangat parah dari motor dan skuter bermesin 2-tak. Dari sana mulai muncul di pikiran membuat kendaraan listrik. Saat kuliah ia merencanakan kendaraan ramah lingkungan, tetapi tetap membuat penampilan gaya.
Benjamin memulai proyek dengan perkakas peninggalan kakeknya. Ia membuat rangka dari besi kotak, memasang motor kursi roda, baterai, dan giroskop. Kemudian, melakukan tes dan mengendarainya.
Nama Uno melejit setelah memperoleh juara kedua pada Grand Award di Intel International Science and Engineering Fair. Berikutnya, Uno memperoleh penghargaan sebagai Top 10 penemuan terbaik oleh Populer Science. Berbagai media pun kemudian menulis tentang itu. Hasilnya, modal pun mengalir deras dari investor swasta dan berdirilah BPG Motors. Hebat!

Sumber:kompas.com
READ MORE - Uno, Sepeda Motor Transformer Pertama di Dunia!

Dibanding iPhone, Android Lebih Mudah Terserang Virus






Android diduga lebih mudah terserang virus dibanding dengan iOS besutan Apple. Hal ini dikarenakan sistem operasi besutan Google itu bersifat open-source, sehingga lebih mudah diserang oleh para hacker.

"Android itu bersifat open-source, yang berarti hacker dapat dengan mudah memahami arsitektur dan source code di dalamnya," ujar Steve Chang, Chairman of Trend Micro,

Berbeda dengan sistem operasi ponsel lainya, Google memang mengizinkan para pengembang aplikasi untuk mengakses hingga ke 'bagian dalam' Android. Berbanding terbalik dengan iOS, yang setiap aplikasi saja butuh perizinan dari Apple sebelum dipasarkan di iTunes.

Hal itulah yang diduga pembesut software antivirus asal Jepang itu berpikir bahwa iOS lebih aman ketimbang Android.

"Kita harus berikan apresiasi kepada Apple, karena mereka sangat berhati-hati. Jadi hampir tidak mungkin ada virus di iPhone," tambah Chang.

Chang juga berpendapat, dalam beberapa tahun ke depan banyak pengguna Android yang akan membeli aplikasi keamanan untuk ponselnya. Dan seperti diketahui, bahwa Trend Micro juga telah merilis antivirus untuk Android.

Sumber:Detiknet.com
READ MORE - Dibanding iPhone, Android Lebih Mudah Terserang Virus

Samsung Sliding PC7 Series, Bisa Jadi Netbook dan Tablet PC

Inovasi dalam menghadirkan produk baru selalu dilakukan para pabrikan elektronik dunia, termasuk Samsung. Vendor asal Korea ini mengumumkan sebuah inovasi baru di segmen netbook, dengan memperkenalkan generasi Samsung Sliding PC7.

Secara disain tampilannnya seperti nettbook biasa, hanya saja notebook ini memiliki mekanisme slider di sisi keypad dan layar layaknya ponsel. Alhasil netbook hybrid ini nantinya bisa berlaku menjadi dua perangkat, yakni netbook ‘biasa’ dan tablet PC bersistem operasi Windows7.

Sebagai penggerak utama, Samsung Sliding PC7 Series mengusung prosesor Intel Z670 Oak Trail dengan clock speed 1,66 GHz. Layaknya netbook kebanyakan, diagonal layarnya 10,1 inci, dengan resolusi 1366x768 piksel. Display Samsung ini menyematkan teknologi sentuh, dengan tingkat kecerahan 340 nits. Memori RAM 2GB dan ruang storage 32GB/64GB SSD (solid state disk) disediakan oleh netbook berbobot 2,2 pound ini.

Seperti sudah disinggung diatas, Samsung Sliding PC7 Series mengadopsi sistem operasi Windows7 Home Premium. Hanya saja, Samsung sudah mempermaknya hingga memiliki optimalisasi untuk layar sentuh, khususnya dengan menyediakan ‘Touch Launcher’.

Kelengkapan lain yang disandang netbook ini yakni port USB dan HDMI, 4-in-one card reader dan lampu sensor ambient plus kamera 1,3 MP. Untuk ketahanan baterai, netbook hybrid Samsung ini diklaim bisa bertahan hingga 9 jam lamanya. 

Rencananya Samsung Sliding PC7 Series ini bakal mulai tersedia di pasaran pada Maret 2011, dengan banderol 699 dollar AS atau Rp 6,4 juta-an. 

Detil Spesifikasi
CPU: Intel® ATOM Oak Trail Z670 @ 1.66GHz
* Operating System:
o Genuine Windows® 7 Home Premium
o Samsung Touch Launcher
* Memory: 2GB DDR2
* Hard Drive (max): 32GB or 64GB (mSATA SSD)
* Screen: 10.1-inch touchscreen HD LCD display (340 nit)
* Resolution: 1366 x 768
* Graphics: Intel Integrated Graphics
* Audio Technology: Integrated speaker (0.8W x 2)
* I/O:
o USB 2.0
o 4-in-1 memory card reader
o HMDI out
* Webcam: 1.3MP
* Battery: Lithium Polymer; up to 9 hours
* Wireless: 802.11b/g/n; WiMax; 3G
* Dimensions: 10.47 x 6.88 x 0.78 inches (W x D x H)
* Weight: Starting at 2.18 lbs.


Sumber:Tabloidpulsa.co.id
READ MORE - Samsung Sliding PC7 Series, Bisa Jadi Netbook dan Tablet PC

Axioo PicoPad, Tablet PC Lokal Berplatform Android Froyo



Sebagai vendor notebook, nama Axioo cukup dikenal di segenap kalangan pengguna notebook. Bahkan, Axioo bisa dibilang sebagai vendor notebook lokal tersukses. Bagaimana tidak, produk keluarannya cukup banyak diminati konsumen. Dan kini, vendor notebook ini ingin ikutan merambah ke segmen pasar yang sedang ‘tren’ belakangan ini, tablet PC.
Adalah PicoPad, tablet PC besutan Axioo. Nama ini mengingatkan kita pada produk netbook Axioo Pico, yang menyasar ‘komunitas pasar’ berbeda. PicoPad tampil dengan layar berukuran 7 inci. Kemampuan prosesing digawangi ‘otak’ dengan clock speed 600 MHz, yang dikolaborasikan dengan sistem operasi Google Android 2.2 Froyo.
PicoPad didedikasikan sebagai Mobile Internet Device (MID), yakni perangkat mobile untuk akses komunikasi data ataupun jelajah alam maya. Fasilitas konektivitas serta dukungan network yang dijejalkan kedalamnya bisa dibilang cukup memadai. Seperti network GSM, GPRS, EDGE, 3G, Wi-Fi dan Bluetooth. Alhasil, diklaim PicoPad tetap dapat terkoneksi internet di manapun penggunanya berada. Termasuk siap-sedia menunjang aktivitas pengguna yang mobilitasnya tinggi.
Tak hanya itu, fitur lain semisal phone dialling (telpon) dan messaging (SMS, MMS. Email, Push email, IM, RSS) juga tersedia. Tak terkecuali aplikasi kantoran ‘Document to Go’ (Pengolah kata, Spreadsheet, PengolahPresentasi) dan e-Book reader. PicoPad pun menawarkan layanan Google Mobile Service, dimana pengguna yang telah memiliki akun Google (gmail) bisa mengunduh beragam aplikasi via Android Market.
Sayangnya, pihak Axioo hingga kini masih merahasikan banderol PicoPad. Hanya, menurut beberapa sumber dari Axioo, tablet PicoPad bakal dilego dibawah angka Rp 5 juta.  
Detil Spesifikasi:
General
2G Network
850/900/1800/1900
3G Network
900/1900/2100 or 850/1900/2100
Size
Dimension
179.4 mm (H) x 110 mm (W) x 11.5 mm (T)
Weight
375g with battery pack
Display
Type
TFT Transmissive LCD, 16M, 24 bits, Touch panel, Capacitive -type touch
Size
7”,  800 x 480, WVGA

Accelerometer sensor for UI auto-rotate,  Ambient light sensor
Sound
Speaker
Built-in microphone and loudspeaker

3.5mm audio jack for stereo headset interface

Advanced Echo Cancellation for phone
Decoder
AAC LC/LTP, HE-AACv1 (AAC+), HE-AACv2 (enhanced AAC+)

AMR-NB, AMR-WB, MP3, MIDI, Ogg Vorbis, PCM / WAVE
Encoder
AMR-NB
Memory
Internal
512MB NAND Flash, 512MB DDR RAM
Card Slot
MicroSD, Up To 32GB
DATA
GPRS/EDGE
Yes, Class 12
3G
HSDPA 7.2 Mbps
WLAN
Wi-Fi 802.11 B/G
Bluetooth
Yes, 2.1 + EDR
USB
Yes, USB 2.0 High-Speed client; and OTG mode
Camera
Primary
CMOS 3MP AF; 0.3 megapixel EDOF front camera
Video
Video playback: H.263, H.264 AVC, MPEG-4 SP
Features
OS
Android OS, v2.2 (Froyo)
CPU
Qualcomm MSM7227 (App: ARM11 600MHz)
Messaging
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser
HTML
Games
Yes
Colors
Black
GPS
Yes, with A-GPS support
Main Software
Phone Dialer, Contacts, E-Compass Sensor, Call Control, Emergency Call, Voice Dialer, Alarm Clock, Calculator, Browser, Camera, Gallery, SMS/MMS, Email, SIM Tool Kit, USB Tethering
Software GMS
Android Market, Google Map, Google Calendar, Gmail, Set-up Wizard, YouTube, Google Street View, Contact Sync, Google Talk, Google Top Search, Google Voice Search
Battery

Standby Time
3240 mAH with hard-packed Li-Polymer
Up to 550 hours for WCDMA
Up to 400 hours for GSM
Adaptor


AC input voltage: 100~240V, 50/60Hz, AC input current: 300mAac max.
DC output voltage: 5V dc (typical), DC output current: 2A (typical)
READ MORE - Axioo PicoPad, Tablet PC Lokal Berplatform Android Froyo