Salah satu calon produk yang dinilai sangat inovatif dan mendapatkan liputan berbagai media besar di Amerika Serikat pada event CES yang berlangsung sekarang ini di Las Vegas adalah Uno dari BPG Motors. Dikatakan calon produk karena Uno baru direncanakan untuk diproduksi massal. Unit yang dipamerkan adalah prototipe yang dibuat oleh penemunya, anak muda bernama Benjamin P Gulak, yang memulai proyek dari garasi kakeknya.
Perhatian media yang sangat besar kepada Uno bagi sebagian orang agak aneh! Pasalnya, Uno adalah kendaraan, bukan gadget elektronik. Kendati demikian, sejatinya, UNO punya "nyawa listrik", sama dengan produk listrik dan elektronik lainnya. Jadi, wajar kalau mendapatkan perhatian!
Karena minat yang begitu tinggi, BPG Motors segera memutuskan untuk memproduksinya dengan harga jual mulai dari 4.000 sampai 7.000 dollar AS (Rp 37-Rp 63 juta).
Berubah wujud
Saat ini Uno sampai pada versi III. Versi II dan III dikembangkan setelah BPG Motors terbentuk. Perusahaan baru ini langsung mengklaim produknya sebagai transformer pertama dengan ujud sesungguhnya.
Saat ini Uno sampai pada versi III. Versi II dan III dikembangkan setelah BPG Motors terbentuk. Perusahaan baru ini langsung mengklaim produknya sebagai transformer pertama dengan ujud sesungguhnya.
Untuk Uno II atau disebut juga U2, bisa berubah wujud dari motor 2-roda (disebut juga mode Uno) ke sepeda motor konvensional (mode sepeda motor). U2 hanya menggunakan 2-roda. Saat mode Uno, kedua roda yang digerakkan oleh motor listrik berada dalam posisi sejajar. Ketika dikebut atau kecepatan bertambah, salah satu roda bergerak ke depan membentuk sepeda motor.
Versi terkini adalah Uno II atau U3, yang menggunakan tiga roda. Roda depan yang berukuran lebih kecil bisa dilipat ke belakang. Roda ini pula yang maju atau bergerak ke depan sehingga bentuknya berubah menjadi seperti sepeda motor biasa.
"Targetnya untuk orang-orang yang tinggal di kota, seperti di Eropa dengan budaya sepeda motor dan skuter kuat," kata CEO BPG Motors, Brad Harkavy. "Kami fokus pada pembeli skuter, tetapi mencari kendaraan unik sekaligus mempresentasikan penampilan yang gaya."
Kontrol Giroskopik Uno menggunakan sistem kontrol giroskopik untuk menjaga keseimbangan, sedangkan pengendalian dan mengendarainya sama dengan sepeda motor biasa. Motor bekerja dengan dua tahap.
Saat melaju pelan, roda tetap paralel memberikan pengendara ruang yang kompak atau kecil dan memungkinkan manuver pada ruang yang sempit (tinggal diputar). Ketika dikebut, roda mulai melebar dan berubah menjadi sepeda motor biasa, yang membuat lebih lebih stabil dan aman untuk dikebut.
Dengan sebagian bentuk bodi seperti sepeda motor balap, kecepatan Uno dibatasi 56 km/jam. Sementara tenaga dari baterainya, untuk sekali isi bisa buat menempuh jarak 48 km.
U3 menggunakan teknologi roda miring (tilt) aktif saat bekerja pada mode Uno. Dengan ini cara, Uno tetap stabil membelok. Sistem miring bekerja secara mekanis untuk mengatur posisi vertikal roda ke kanan dan ke kiri. Sistem ini memungkinkan kendaraan membelok lebih halus dan mengakomodasi jalanan yang tidak rata.
Dikatakan, saat mengendarainya tidak hanya memberikan pengalaman baru yang yang unik, tetapi juga lebih interaktif. Paling sip, parkirnya lebih gampang!
Polusi China
Uno ditemukan oleh anak muda bernama Benjamin P Gulak ketika memulai proyek ilmiah di SMU. Dijelaskan, empat tahun lalu, ia melakukan perjalanan bisnis ke China bersama ayahnya. Di Beijing, Shanghai, dan Hongkong, Benjamin melihat polusi yang sangat parah dari motor dan skuter bermesin 2-tak. Dari sana mulai muncul di pikiran membuat kendaraan listrik. Saat kuliah ia merencanakan kendaraan ramah lingkungan, tetapi tetap membuat penampilan gaya.
Uno ditemukan oleh anak muda bernama Benjamin P Gulak ketika memulai proyek ilmiah di SMU. Dijelaskan, empat tahun lalu, ia melakukan perjalanan bisnis ke China bersama ayahnya. Di Beijing, Shanghai, dan Hongkong, Benjamin melihat polusi yang sangat parah dari motor dan skuter bermesin 2-tak. Dari sana mulai muncul di pikiran membuat kendaraan listrik. Saat kuliah ia merencanakan kendaraan ramah lingkungan, tetapi tetap membuat penampilan gaya.
Benjamin memulai proyek dengan perkakas peninggalan kakeknya. Ia membuat rangka dari besi kotak, memasang motor kursi roda, baterai, dan giroskop. Kemudian, melakukan tes dan mengendarainya.
Nama Uno melejit setelah memperoleh juara kedua pada Grand Award di Intel International Science and Engineering Fair. Berikutnya, Uno memperoleh penghargaan sebagai Top 10 penemuan terbaik oleh Populer Science. Berbagai media pun kemudian menulis tentang itu. Hasilnya, modal pun mengalir deras dari investor swasta dan berdirilah BPG Motors. Hebat!
Sumber:kompas.com
Artikel Menarik Lainnya :
Sains dan Teknologi
- Penasaran Dengan Bentuk Sinyal Wifi? Ini Dia Ilustrasinya!
- Hacker Usili Situs Diduga Milik FPI
- 10 negara dengan Internet tercepat Di Dunia
- 6 Aplikasi Bermanfaat Untuk Awasi Anak Saat Bermain Gadget
- 8 Penemuan Hebat oleh Wanita
- Wooow...... Cina Ciptakan Kamera 100 MP
- Ilmuwan Ciptakan Ragi Sintesis Pertama di Dunia
- Benarkah Microsoft Rombak Jajaran Internalnya?
- Facebook Resmi Luncurkan Fitur Pencarian Baru
- Mampukah BBM Kalahkan WhatsApp di Android & iPhone?
- Sun & Cloud, Kamera Digital yang Bisa Menciptakan Listrik Sendiri
- Buffalo MiniStation Slim, HDD Eksternal Tertipis di Dunia Saat Ini
- Samsung Merajai Tekhnologi Gadget
- Helm Pintar Menjadi Pesaing Kacamata Google
- 6 Alat Kecantikan Paling 'Nyeleneh' yang Pernah Diciptakan
- Tahukah Anda Bagaimana Cara Tuna Netra Memanfaatkan Internet?
- Solar Impulse, Pesawat Pertama yang Terbang 26 Jam Tanpa Bahan Bakar
- Ilmuwan Temukan Bukti Miliaran Planet Layak Huni
- Bumi Diprediksi Akan Berakhir 1 Miliar Tahun Lagi?
- Pesawat Masa Depan
- LAYANAN BLACKBERRY NGADAT, ADA APA?
- Pixlr -O-Matic Aplikasi Photo Editing Multi Platform
- Gadget Ini Bisa Isi Baterai Iphone Lewat Hembusan Nafas
- Aplikasi Anti Galau Saat Jauh Dari Pasangan
- Teknologi Yang Bisa Mendeteksi Emosi Pengemudi